Sabtu, 29 September 2012
Senin, 24 September 2012
Mempopulerkan Bahasa Indonesia Melalui Dunia Entertainment
Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi milik bangsa
Indonesia yang memiliki kemiripan dengan bahasa Melayu. Bahasa Indonesia
merupakan bahasa yang termasuk paling mudah untuk dipelajari dan
dimengerti karena bahasa Indonesia tidak membutuhkan penggunaan nada,
tambahan partikel di setiap kata, maupun perubahan kata akibat perbedaan
waktu seperti yang terdapat pada beberapa bahasa milik negara lain.
Dengan perkembangan zaman yang semakin modern, penggunakan bahasa dunia
(seperti bahasa Inggris) menjadi tuntutan utama yang harus dipenuhi
seseorang dalam dunia pekerjaan. Hampir semua jenis pekerjaan
membutuhkan pekerja yang mampu berbahasa Inggris. Hal ini membuat mulai
bermunculan sekolah maupun universitas bertaraf internasional.
Sebenarnya, tidak ada yang salah jika masyarakat Indonesia belajar
bahasa percakapan dunia. Namun jangan sampai hal ini membuat kecintaan
seseorang terhadap bahasa Indonesia menjadi berkurang. Bahkan sampai
tidak mengetahui tata cara penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan
benar. Jika masyarakat Indonesia sendiri saja tidak mencintai bahasanya
sendiri, lalu siapa yang akan melestarikan warisan bangsa Indonesia?
Menyimak tentang kepopuleran negara Korea saat ini,
mulai banyak sekali masyarakat dunia (termasuk orang Indonesia) yang
berbondong-bondong mempelajari segala sesuatu tentang Korea seperti
budaya dan bahasanya. Melalui dunia entertainment, popularitas
negara Korea semakin lama semakin berkembang. Drama, film, maupun musik
Korea pun laku di kancah internasional. Kebudayaan bangsa Korea yang
menarik mengakibatkan masyarakat negara luar tertarik untuk mengetahui
lebih dalam lagi tentang kebudayaan negara Korea. Khalayak muda
Indonesia juga tidak ketinggalan untuk mengikuti perkembangan dunia entertainment
yang sedang terjadi di negara ginseng tersebut. Ketertarikan terhadap
dunia hiburan Korea juga membuat banyak anak muda Indonesia yang
tertarik untuk mempelajari bahasa Korea. Sangat disayangkan bahwa saat
ini banyak anak-anak muda yang lebih mengerti tentang kebudayaan luar
dibandingkan dengan kebudayaannya sendiri.
Dapat dikatakan bahwa negara Indonesia dikenal oleh
masyarakat luar negeri karena salah satu aset penting yang dimiliki
negara Indonesia, Pulau Dewata. Namun, karena hanya satu aset ini yang
dikenal, banyak sisi lain dari negara Indonesia yang tidak diketahui
oleh masyarakat asing. Hal ini menyebabkan dunia lebih mengenal Bali
daripada Indonesia yang merupakan wilayah dimana Bali berada. Untuk
memperkenalkan bahasa Indonesia, bangsa Indonesia dapat menggunakan
dunia entertainment Indonesia sebagai jembatan emas. Negara
Indonesia memiliki banyak warisan yang dapat menghasilkan keuntungan
besar bagi bangsa Indonesia sendiri. Tinggal bagaimana kita sebagai
masyarakat Indonesia mengelolanya.
Bahasa Indonesia itu menarik, simpel, dan mudah
untuk dipelajari. Dapat dikatakan bahwa bahasa Indonesia tidak serumit
bahasa-bahasa milik negara lain. Bahasa Indonesia berpotensi untuk
dikenal masyarakat asing asalkan kita sendiri sebagai masyarakat
Indonesia terlebih dahulu mau mencintai bahasa asli kita. Kita disini
bertugas sebagai pewaris. Jika bukan kita yang memulai, lalu siapa lagi?
Lihatlah bagaimana bahasa dari beberapa negara maju dan berkembang
seperti negara-negara di Eropa dan juga negara Asia (China, Korea, dan
Jepang) begitu diminati masyarakat asing untuk dipelajari. Itu juga
karena peran dari masyarakat aslinya, mencintai bahasa kesatuan
negaranya.
Menyimak kepopularitasan negara Korea, di sini negara Indonesia dapat mengikuti jejak negara KPop tersebut untuk mengenalkan bahasa Indonesia melalui dunia entertainment.
Melihat telah ada beberapa karya anak bangsa yang sudah dapat menembus
pasar internasional, maka peningkatan kualitaslah yang dibutuhkan. Dunia
entertainment adalah dunia yang menghibur. Maka dari itu ada
banyak aspek yang perlu diperhatikan untuk ditingkatkan dan diperbaiki
agar apa yang hendak dijual dapat diminati masyarakat baik masyarakat
lokal maupun masyarakat asing.
Membuat masyarakat lokal dan asing tertarik dengan dunia entertainment
Indonesia akan membuat mereka juga tertarik dengan kebudayaan bahkan
bahasa dari negara Indonesia. Menciptakan drama dan sinetron berkualitas
yang dapat dijual di pasar internasional akan membuat masyarakat dunia
penasaran akan negara Indonesia. Hal ini akan membuat mereka tertarik
untuk mempelajari segala sesuatu tentang Indonesia. Penyanyi berbakat
yang dimiliki Indonesia juga bisa menjadi aset penting bagi negara
Indonesia untuk memperkenalkan bahasa Indonesia. Dengan menciptakan lagu
yang enak didengar juga lirik lagu yang berkualitas akan membuat
masyarakat asing tertarik untuk mempelajari bahasa Indonesia.
Untuk saat ini, kita mengetahui bahwa ada begitu
banyak sinetron, film, atau pun lagu yang tidak membangun. Bahkan,
banyak dari karya-karya tersebut yang secara tidak langsung memberi
contoh yang buruk bagi masyarakat Indonesia. Akibatnya, sebagian besar
masyarakat Indonesia sendiri beralih pada suguhan luar negeri karena
karya-karya asing lebih menarik untuk dijadikan hiburan. Salah satu
alasan di atas merupakan hal penting yang perlu diperhatikan oleh para
seniman agar dapat menciptakan karya seni yang tidak hanya dapat dijual
namun apa yang dijual tersebut dapat memberikan keuntungan dari berbagai
aspek.
Saat ini, dunia KPop yang sedang trend
menjadi suatu candu bagi kawula muda Indonesia. Banyak dari anak muda
Indonesia yang sudah mulai memiliki jiwa Korea meskipun berkebangsaan
Indonesia. Bahkan, banyak anak muda yang mengakui bahwa mereka lebih
mencintai dunia luar (contohnya Korea) dibandingkan negaranya sendiri.
Kita sebagai rakyat Indonesia yang masih memiliki jiwa nasionalisme yang
tinggi harus segera bertindak untuk kembali menarik perhatian
masyarakat Indonesia agar kembali memiliki jiwa nasionalisme. Dunia entertainment adalah
salah satu cara yang dapat digunakan untuk menarik kembali kecintaan
masyarakat khususnya kawula muda kepada bangsa Indonesia.
Mempopulerkan dunia entertainment Indonesia juga berarti mengenalkan bahasa Indonesia kepada dunia luar. Jika dunia entertainment
Indonesia bisa menembus pasar internasional, masyarakat mana yang tidak
puas? Sinetron, film, atau pun lagu-lagu yang dijual di pasar
internasional setidaknya membuat masyarakat asing mengerti beberapa
kosakata bahasa Indonesia. Jika semakin lama mereka semakin tertarik
dengan dunia entertainment, hal ini juga akan membuat mereka
tertarik untuk mempelajari bahasa Indonesia. Seperti halnya yang
dilakukan oleh kawula-kawula muda Indonesia yang sudah kecanduan pada
dunia KPop.
Dunia entertainment Indonesia yang dapat
dikenal oleh masyarakat dunia pastinya akan memberikan dampak positif
yang berlimpah-limpah bagi negara Indonesia. Membuat masyarakat asing
tertarik akan kebudayaan Indonesia tidak hanya membuat mereka tertarik
untuk mempelajari kebudayaan dan bahasa Indonesia, namun juga tertarik
untuk berkunjung ke Indonesia. Dengan begitu, devisa negara dari sisi
kepariwisataan akan semakin meningkat. Hal ini tentunya akan semakin
membuat negara Indonesia semakin dikenal oleh dunia.
Sungguh suatu hal yang membanggakan bila masyarakat
asing dapat tertarik bahkan berniat untuk mempelajari bahasa Indonesia
karena dunia entertainment Indonesia yang membuat mereka jatuh
cinta kepada negara Indonesia. Bahasa Indonesia bisa menjadi bahasa yang
populer di kancah internasional jika kita sebagai masyarakat Indonesia
dapat merasa bangga dengan menggunakan bahasa Indonesia. Belajarlah
untuk mencintai bahasa Indonesia agar bahasa Indonesia yang baik dan
benar bisa tetap lestari. Gunakanlah segala aspek yang dapat digunakan
untuk memperkenalkan budaya dan bahasa Indonesia agar dapat dikenal oleh
masyarakat asing. Dunia entertainment adalah salah satu
jembatan emas untuk meningkatkan kecintaan masyarakat Indonesia kepada
bahasanya dan juga memperkenalkan bahasa Indonesia kepada dunia luar.
SAYA BANGGA MENGGUNAKAN BAHASA INDONESIA!
Langganan:
Postingan (Atom)